Pengertian Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi Daring Sinkron – Komunikasi serempak atau sinkron adalah penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi langsung adalah text chat, video chat, video conference, dll.

Layanan text chat memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi menggunakan text dengan pengguna lainnya. Perbedaan mendasar antara text chat dengan e- mail adalah sifat text chat yang merupakan komunikasi sinkron, memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainnya sedang daring (online).

Contoh layanan text chat antara lain gtalk, yahoo messenger, facebook chat, dll. Terdapat juga layanan text chat yang berbasis perangkat genggam seperti whatsapp, line, kakao talk, dll.

Berbeda dengan layanan text chat, layanan video chat, disebut juga video call atau video phone,memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi antarpribadi 1 ke 1, dengan menghadirkan mitra bicara dalam bentuk visual dengan suara ke hadapan pengguna.

Pada umumnya, video chat harus dilaksanakan secara sinkron, di mana pengguna dan mitra bicaranya harus ada di depan komputer secara serempak (pada waktu yang bersamaan). Contoh layanan video chat antara lain facebook video call, skype, google+ hangout, facetime, dll.

Video conference merupakan layanan video chat yang dilakukan secara antarpribadi antara 3 orang atau lebih (multipoint) dengan beberapa layanan tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll.

Beberapa layanan video chat dapat juga digunakan untuk video conference, antara lain skype, google+ hangout,bigbluebutton, Cisco webex, dll. baca cara daftar wifi id

Terdapat berbagai layanan video call dan video conference yang telah tersedia. Beberapa contohnya antara lain: Skype, Bigbluebutton, Cisco Webex, Google+ hangout, Umeetme. Setiap layanan video call dan video conference tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Google+ Hangout merupakan layanan video chat dan video conference yang bersifat gratis dan memiliki beragam fitur di dalamnya. Fitur-fitur tersebut  antara lain: video conference hingga 10 orang, layanan white board, berbagi layar, remote desktop, berbagi video youtube, dll. Mempertimbangkan berbagai layanan tersebut, dalam buku ini Kita akan menggunakan Google+ Hangout untuk melakukan komunikasi sinkron.

⦁ Mengaktifkan Akun Google+
Syarat pertama dalam penggunaan Google+ adalah memiliki alamat e-mail (diutamakan alamat e-mail google). Bukalah perambah web (webbrowser) yang ada dan masuk ke dalam google.co.id klik “+Anda” pada pojok kiri atas dari halaman perambah (browser) seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Baca juga: cara membuat email

Setelah Anda klik tombol “+Anda”, maka akan tampil halaman sebagaimana terlihat pada gambar berikut. Lalu login untuk masuk ke akun Gmail Anda.

Tambahkan teman yang Anda kenal dengan mengetikkan e-mail teman Anda tersebut dalam kolom isian “Telusuri orang diGoogle+”, setelah e-mail teman Anda ditemukan maka akan tampil tombol “Tambahkan” dan kemudian pada pilihan centang “Teman”. lalu tekan tekan tombol “Lanjutkan”.

Setelah Anda menekan tombol “Lanjutkan” akan tampil halaman seperti gambar di halaman berikut ini. Pada bagian ini, pengguna dapat mengikuti halaman yang dianggap-nya menarik dengan cara tekan tombol “ikuti”, dan setiap informasi yang diunggahdi halaman tersebut akan tampil pada beranda akun Google+ Anda.

Selanutnya akan ditampilkan halaman seperti gambar di bawah ini. Kemudian, untuk mengakhiri pembuatan akun Google+, isilah Biodata diri Anda dengan kolom isian yang tersedia. Jika semua sudah terlengkapi klik “Selesai”.

⦁ Google+ Hangouts
Google+ hangouts adalah fitur layanan video chat gratis dari Google yang memungkinkan obrolan satu lawan satu dan obrolan grup hingga sepuluh orang pada waktu bersamaan. Google+ hangouts lebih memfokuskan pada video chatting antarkelompok, bukan satu ke satu, dan memiliki teknologi yang dapat mengubah fokus layar pada orang yang sedang berbicara.

Google+ hangouts dapat diakses melalui komputer, laptop, dan perangkat mobile Android, (Android v2.3 ‘Gingerbread’ ke atas) serta akan dikembangkan untuk perangkat iOS. Selain video chatting, pengguna Google+ hangouts dapat berbagi dokumen, scratchpads, gambar, dan video YouTube dengan pengguna lain.

Google+ hangouts juga menawarkan fitur ‘Siaran Hangouts’ untuk penyiaran percakapan video langsung yang dapat diakses oleh siapa pun dengan peramban web (web browser).

Berikut adalah langkah-langkah memulai penggunaan Google+ hangouts.

⦁ Chatting di Google+ Hangouts
⦁ Masuk ke profil pengguna Google+Hangouts berada pada sebelah kanan atas halaman. Klik kotak + pada “Hangout baru” di bawah daftar Hangouts. Daftar tersebut akan menampilkan kontak Anda dan lingkaran (circles) pada Google+.

⦁ Anda dapat mencari orang dengan mengetikkan nama, alamat email, nomor telepon atau lingkaran. Centang kotak di samping untuk setiap orang yang ingin Anda tambahkan ke Hangout. Klik menu ikon  pada untuk melihat pilihan menu. Jika orang lain tidak online, mereka akan menerima pesan pada saat mereka membuka Hangouts.

⦁ Pilih format Hangout untuk memulai baik video atau teks Hangout. Anda dapat mengaktifkan obrolan teks ke dalam video chat setiap saat.

⦁ Anda dapat memilih teks Hangouts untuk chatting. Anda dapat  membagikan
emoticondengan klik atau membagikan foto dengan klik ikon .

Menyalakan chatdalam panggilan video. Caranya klik tombol kamera video ikon di bagian atas kotak chatting. Orang yang Anda undang akan menerima pemberitahuan bahwa Anda sedang berusaha untuk memulai chatting video.

Anda dapat video chat pada komputer dan perangkat mobile. Jika Anda belum pernah memasang plugin “Google voice and video setup”, maka Anda harus memasang plugin itu terlebih dahulu.

Video chatting tidak mengharuskan kedua pengguna memiliki kamera. Anda dapat melakukan video chat dengan kamera dan mikrofon di salah satu pengguna, dan direspon menggunakan teks.

⦁ Rekan yang Anda undang kemudian akan mendapat undangan dari Anda. Setelah undangan diterima, maka foto rekan Anda akan tampil. Anda dapat berkomunikasi secara langsung.

⦁ Untuk kembali menambahkan teman lain dalam video hangout tersebut, klik klik “Buat hangout group bersama” ikon.

⦁ Pesta Hangouts
⦁ Anda juga dapat melakukan panggilan video serentak hingga 10 orang. Caranya dengan klik “MulaiHangoutvideo“ di sudut kanan bawah halaman. Hangout. Sebuah Hangout bersama memungkinkan semua orang terhubung melalui video dan teks. Anda dapat berbagi video YouTube dan berkolaborasi pada dokumen.

Pengguna ponsel dapat bergabung dengan Hangout ini, meskipun mereka akan memiliki akses terbatas ke fitur tambahan, seperti video YouTube dan integrasi Google Docs.

⦁ Akan muncul undangan video hangouts. Tuliskan diskripsi, tambahkan nama, lingkaran atau alamat e-mail kemudian klik tombol “Bagikan”. Anda dapat membatasi panggilan untuk pengguna berusia 18 tahun dan lebih.

⦁ Mulai Chatting
Setelah webcam dan audio sudah Anda konfigurasikan dengan benar, Anda dapat mulai video maupun chatting. Panel bawah di jendela Hangout menunjukkan semua pengguna terhubung ke Hangout Anda.

Panel kiri menunjukkan aplikasi yang disediakan oleh Hangouts. Untuk dapat melakukan chatting bersamaan dengan video, caranya klik Ngobrol di sebelah kiri. Setelah itu ketik pesan yang ingin disampaikan di kotak bagian kanan bawah

⦁ Berbagi layar
Aplikasi untuk berbagi layar (desktopsharing) antar anggota hangoutsdapat digunakan untuk diskusi dengan cara menampilkan di layar semua peserta dan dapat dibaca oleh semua peserta. Untuk menggunakannya klik tombol “Berbagi layar” di sebelah kiri, kemudian pilih layar mana yang akan dibagikandengan klik “StartScreenshare”.

⦁ Mengambil Foto (Jepret)
Klik tombol “Jepret” lalu pilih layar yang akan difoto, kemudian klik logo kamera. Untuk melihat hasilnya, klik pada bagian kanan bawah.

⦁ Google Effect
Klik tombol Google Effects di menu kiri. Pengaruh menu ini akan menggantikan frame Obrolan di sebelah kanan. Anda dapat menarik efek ke pemutaran video chat untuk menambahkan topi, kacamata, dan dekorasi menyenangkan lainnya.Klik tanda panah di bagian atas jendela Efek untuk mengubah kategori.

menghapus semua efek yang telah Anda tambahkan, klik “X Hapus semua efek” link di bagian bawah menu Efek.
⦁ SlideShare
SlideShare digunakan untuk melakukan presentasi. Untuk itu arahkan mousemenu di sebelah kiri, kemudian cari file presentasi yang ingin ditampilkan pada kotak pencarian. Pastikan file yang akan dipresentasikan tersebut telah terlebih dahulu di-upload di http://www.slideshare.com.

⦁ Google Drive
Ketika Anda mengklik tombol Google Drive pada menu sebelah kiri, daftar semua dokumen Google Drive akan muncul. Anda dapat memilih dokumen yang ingin Anda bagikan. Klik “Pilih” untuk membagikan file yang akan dibagikan.

harga pom mini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s